Laman

Kamis, 04 Juni 2015

MENGENAL PELAPIS FINISHING HPL UNTUK FURNITURE

Setelah memahami tentang jenis-jenis kayu, sekarang yang perlu diketahui adalah finihsing yang akan digunakan. Secara garis besar, ada dua macam finishing : cat dan lapisan. Finishing cat, memang lebih mahal dibandingkan dengan lapisan, karena proses kerjanya yang cukup rumit dan memakan banyak waktu. Dari segi maintenance, memang finishing cat memerlukan extra maintenance. 

Kelebihannya untuk bidang yang panjang, tidak terlihat sambungan. Bagaimana dengan lapisan? Dari segi maintenance, jelas lebih mudah. Pekerjaan dengan menggunakan lapisan juga lebih cepat. Tetapi lapisan juga memiliki keterbatasan. Mari kita bahas, jenis-jenis finishing lapisan terlebih dahulu. 

Berbagai jenis lapisan yang digunakan saat ini, yaitu : HPL, PVC Sheet, Veneer. 

a. HPL 
HPL memiliki berbagai macam corak dan warna. Mulai dari warna solid, metalik, motif kayu, hingga motif granit. Untuk ukurannya sama dengan multiplek, yaitu 122 x 244 cm. Untuk ketebalannya berkisar 0.7mm. Di pasaran ada banyak sekali merk HPL, diantaranya Taco, Artform, Violam, Grassmerino, AICA, Arborite, WilsonArt, Milano, Natural, dan lainnya. Tan Studio menggunakan TacoHPL & Artform sebagai standar material yang kami gunakan di furniture kami. Dari segi tampilan memang HPL tidak semewah finishing cat. Penasaran dengan motif-motifnya? Bisa dilihat disini : 
1. Taco HPL - www.tacohpl.com
2. Artform HPL - www.artformhpl.com

  


b. PVC Sheet
PVC sheet memiliki ukuran yang lebih tipis dibandingkan dengan HPL. Karena lebih tipis PVC sheet kurang tahan terhadap panas. Sifatnya elastis. Tan Studio, biasa menggunakan PVC Sheet hanya untuk bagian finishing dalam furniture, dengan tujuan agar memiliki warna yang sama dengan pelapis diluarnya dan menekan budget klien. Ada berbagai jenis yang sering digunakan seperti, TacoSheet dan Decosheet. Dari segi harga, pvc sheet lebih murah dibandingkan dengan HPL. Tapi untuk pengerjaan lebih sulit. Butuh keahlian dan kesabaran ketika memasang pvc sheet. 

  

c. Veneer
Veneer memiliki serat kayu yang terlihat alami, karena memang terbuat dari serat kayu asli. Harga veneer sangat mahal. 

  


Semoga artikel ini dapat membantu para klien. Untuk yang ingin mengetahui tentang finishing cat, dapat membaca di artikel "Jenis-Jenis Finshing (2)". 

SAMPLE PROJECT







Tidak ada komentar: